Sebuah organisasi Islam di California berusaha untuk membantu Muslim yang menderita tuna rungu dengan melakukan kampanye baru untuk menerjemahkan Al-Qur'an ke dalam Bahasa Isyarat Amerika (ASL).

Kampanye ini diadakan oleh Global Deaf Muslim (GDM) dalam sebuah acara Asosiasi Masayarakat Muslim (MCA) di teluk Selatan, California.

"Global Deaf Muslim adalah satu-satunya organiasi di AS yang fokus memberikan umat Muslim yang tuna rungu akses pengetahuan Islam," tulis Davi Barker dalam sebuah editorial di situs Examiner.

Acara ini juga dihadiri oleh Presiden GDM Nashiru Abdulai, yang memulai acara dengan presentasi singkat tentang kosakata Islam yang umum dalam bahasa isyarat.

"Bagi sebagian besar orang Amerika, bahasa Inggris benar-benar bahasa kedua mereka dan ASL adalah bahasa pertama mereka," kata Barker.

"Jadi, Muslim yang tuna rungu dalam kebingungan ganda tidak punya teks-teks Islam yang mereka bisa benar-benar pahami, dan tidak memiliki guru-guru yang memadai yang bisa menjawab pertanyaan mereka."

Metode ASL adalah bahasa isyarat yang menggunakan isyarat gerak tangan, ekspresi wajah, dan gerak tubuh.

Untuk melancarkan proyek amal ini, GDM mencari dana sumbangan untuk memproduksi surat dalam Qur'an dengan terjemahan ASL.

"Kelompok ini saat ini meminta sumbangan sebesar USD 1.350 untuk mensponsori produksi sebuah surat dalam 114 surat Al-Qur'an," kata Barker.

GDM bertujuan untuk memproduksi seluruh surat dalam Al-Qur'an -setelah diterjemahkan secara ASL- dalam bentuk DVD secara gratis bagi orang-orang yang tuna rungu di seluruh dunia.

"Tujuannya adalah untuk memproduksi dan mendistribusikan sebuah DVD Al-Qur'an seluruhnya yang disajikan dalam bahasa isyarat, gratis bagi orang-orang yang tuna rungu di seluruh dunia," kata Barker.
Sumber

Label:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...