5 negara Eropa telah menyatakan akan memberikan dukungan kepada rancangan resolusi Palestina sebagai “negara pengamat non-anggota” PBB dalam pemungutan suara Majelis Umum organisasi Internasional pada hari kamis, sementara Inggris menyatakan Abstain, sebaliknya Jerman menyatakan penentangannya terhadap resolusi tersebut.

Di London, Inggris pada hari rabu menyatakan akan abstain dari pemungutan suara, sehubungan dengan tuntutan Inggris kepada Abbas untuk tidak pergi ke PBB dengan alasan hal tersebut akan menghambat dimulainya kembali perundingan antara kedua belah pihak.

Menteri luar negeri Inggris, William Haig mengatakan dalam dengar pendapat di hadapan parlemen Inggris, bahwa negaranya mendukung penyelesaian antar dua negara, antara Israel dan Palestina. Haig mengatakan bahwa Inggris akan mendukung Palestina di PBB dengan syarat bahwa Palestina menjamin untuk kembali ke meja perundingan dan Palestina tidak mengajukan krisis Palestina ke Mahkamah Pidana Internasional.

Sedangkan Jerman menyatakan tidak akan mendukung resolusi tersebut. Seorang juru bicara pemerintahan Jerman mengatakan tidak akan mendukung upaya Palestina meningkatkan status mereka di PBB. Dengan demikian Jerman adalah satu-satunya negara Eropa yang sejauh ini menyatakan oposisinya terhadap upaya Palestina, sedangkan negara-negara Eropa lainnya seperti Denmark, Norwegia, Prancis, Spanyol dan Swiss mereka akan mendukung negara Palestina . (hr)
Sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...