Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Zaitun Rasmin, Lc, MA menghadiri Sidang Itsbat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam penetapan awal Ramadhan 1433 H 2012 M bertempat di Auditorium Kemenag RI Jl.MH. Thamrin Jakarta Pusat .

Menurut Asisten Pribadi Ketua Umum WI Ustadz Jayad Hasan, Sidang dimulai pukul 16.30 WIB, yang diawali oleh presentasi data posisi hilal dari seluruh wilayah Indonesia oleh Bapak Cecep Nurwenda, Anggota Badan Hisab Rukyah (BHR) Kemenag RI, yang menhasilkan kesimpulan bahwa tidak ada referensi apapun bahwa hilal Ramadhan 1433 H tanggal 19 Juli 2012 dapat teramati dari seluruh wilayah Wilayah Indonesia.

Pada sesi tanggapan ormas Islam, Ketua Umum Wahdah berkesempatan menyampaikan 3 hal dalam sidang tersebut, yakni pertama, adanya perbedaan dalam penetapan awal ramadhan ini kita tidak menyalahkan siapa-siapa, namun demikian kita perlu mencari persatuan, kita tidak boleh melegetimasi untuk terus berbeda, selalu menganggap tidak masalah berbeda dalam hal ini. Padahal bila kita melihat catatan, bahwa hampir tidak ada Negara di dunia selain Indonesia ini ummatnya terbelah dua dalam awali Ramadhan dan Ied. Mereka bisa berbeda dalam hal teori, diskusi, madhzab tetapi ketika penetapan meereka bersatu.” Ini merupakan PR bagi kita ummat Islam terbesar di Dunia ini,” ujar Ustadz

Kedua;Ketua Umum Wahdah mengusulkan agar sidang Itsbat mulai akan datang dilakukan secara tertutup yang hanya dihadiri oleh para Ahli dan Pimpinan Ormas Saja, agar dapat dijaga persatuan ummat dan orang banyak tidak melihat perbedaan yang tidak perlu

Ketiga, Pemerintah saat ini dipandang sebagai jalan persatuan yang merupakan representasi mayoritas, sesuai dengan hadis Nabi yang memerintahkan kita berpuasa dan berhari raya mengikuti yang mayoritas.Berpuasa menurut Ustadz merupakan amalan jamai yang mestinya mengikuti keputusan pemerintah. “ Andaikan suatau saat pemerintah memutuskan awal puasa dengan metode Hisab, maka Wahdah Islamiyah akan ikut Pemerintah demi persatuan ummat Islam,” tutup Ustadz dalam tanggapannya. (*)

Video tanggapan Ketua Umum Wahdah dalam Sidang Itsbat dapat dilihat di
Youtube

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...