Kota Pekan Baru Provinsi Riau, 25 Juni 2012M. Dakwah perintis gelombang I di Kota Pekan Baru Provinsi Riau dari Halaqah Abdullah ibnu Mas’ud dengan Murabbi ustadz Muh. Ikhwan Abdul Jalil, Lc yang diwakili oleh al-Akh Hendra Muh. Ismail dan al-Akh Sirajuddin Alhamdulillah bisa terbilang sudah berhasil melakukan 3 program utama yakni silaturahmi, sosialisasi, dan penawaran kerjasama kegiatan-kegiatan dakwah serta pelatihan.

Kegiatan silaturahmi sendiri yang sudah berhasil bertemu langsung yaitu Kapolda Riau (Brigjen Pol Suedi Husein), Tokoh Ulama Riau (DR. Mustafa Umar, Lc, MA), Ketua KKSS di Pekan Baru (Amiruddin, S.Pd), Direktur Ma’had ‘Aly UIN Pekan Baru (DR. Dasman, Lc, MA), dan beberapa tokoh masyarakat setempat sekitar tempat tinggal selama di Pekan Baru.

Adapun kegiatan yang bernuansa sosialisasi secara khusus kepada para tokoh yang sudah bertemu langsung ketika bersilaturahmi maka kesempatan itulah mengenalkan kepada mereka tentang maksud kedatangan dan mengenalkan secara singkat lembaga/organisasi yang membawahi kegiatan tersebut. Untuk sosialisasi secara umum kepada masyarakat Pekan Baru tentang Wahdah Islamiyah maka melalui bentuk-bentuk kegiatan yang sempat terlaksana, baik berupa pengajaran maupun pelatihan/seminar. Kegiatan dalam bentuk pengajaran, Alhamdulillah di Pekan Baru telah berhasil terbentuk sebuah pengajaran Dirosa + Tahsin, Tahfidz + Bahasa Arab, Semi Tarbiyah, serta pengajaran di TPA dan PDTA (Pendidikan Diniyyah Takmiliyyah Awaliyyah). Adapun dalam bentuk pelatihan yang terlaksana hasil kerjasama dengan beberapa pihak terkait yaitu Pelatihan Internal Guru TPA ( 8 orang), Pelatihan eksternal Guru-guru PDTA (25 orang), dan Seminar Problematika Remaja (70 orang).

Selama kegiatan berjalan, baik berupa pengajaran maupun pelatihan/seminar maka mereka dari kalangan peserta merasakan adanya suasana baru dengan kedatangan ikhwah dari Wahdah Islamiyah yang mampu memberikan metode-metode pengajaran yang selama ini jarang mereka dapatkan sebelumnya, begitu pula materi-materi pelatihan dan seminar yang bisa mampu memikat hati serta pikiran mereka, sampai-sampai banyak dari kalangan peserta baik yang masih siswa/i SMA, Mahasiswa/i, ibu-ibu, dan bapak-bapak menginginkan kalau bisa dibuka cabang Wahdah Islamiyah di Kota Pekan Baru segera mengingat masih sangat dibutuhkan keilmuan dan metode-metode menyegarkan yang dimiliki oleh Wahdah Islamiyah, merekapun siap membantu dalam pendirian cabang tersebut dan bahkan sebagian mereka sudah ada yang siap menawarkan untuk jadi pengurus Wahdah Islamiyah nanti di Pekan Baru. Allahu Akbar...!!

Tentunya rasa syukur hanya tertuju kepada Allah ‘Azza wa Jalla, dan setelah itu juga ucapan terimaksih yang sedalam-dalamnya kepada pihak-pihak yang telah dengan serius membantu kegiatan dakwah selama di Pekan Baru terutama Ustadz DR. H. Mustafa Umar, Lc, MA (Tokoh Ulama Riau yang disegani) dan beberapa ikhwah yang bersamanya (Bang Abdul Malik, dkk) yang banyak membantu dalam masalah fasilitas serta pengakraban pada jama’ah-jama’ahnya. Kemudian juga kepada Ketua KKSS di Pekan Baru yang begitu ramah dan baik, telah banyak juga beliau membantu dalam kelancaran dakwah serta pencerahan-pencerahan yang sifatnya membangun. (AR, eL-Jawie)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...