Aktor dunia Arab yang paling terkenal, Adel Imam, dihukum tiga bulan penjara atas tuduhan menghina Islam di beberapa perannya di panggung dan layar film, media Mesir melaporkan Kamis kemarin (2/10.


Sebuah pengadilan Kairo memvonis Imam, yang juga menjabat sebagai duta PBB dan sering digambarkan sebagai Charlie Chaplin nya dunia Arab, secara in absentia divonis tiga bulan penjara dengan kerja paksa, setelah dituntut oleh Asran Mansur, seorang pengacara Islam. "Saya akan mengajukan banding atas keputusan itu," kata Imam kepada AFP.

"Beberapa orang mencari ketenaran mengajukan gugatan kepada saya atas apa yang saya lakukan yang mereka anggap menghina Islam, dan ini tentu saja tidak benar," katanya menegaskan. Selebriti berusia 71 tahun ini memiliki sejarah panjang hukum dengan kelompok Islam yang menganggap pekerjaannya sebagai aktor sering menghujat Islam.

Dalam kasus terbaru, Imam mengatakan karyanya yang dikritik adalah film tahun 1994 berjudul "Al-Irhabi" (Teroris), di mana ia menggambarkan seorang fundamentalis Islam dan bermain sebagai "Al-Zaim" (Pemimpin). "Semua karya yang saya bintangi telah melalui proses sensor.

Apakah mereka menemukan saya memfitnah, menghina Islam? Kalau ada tentu badan sensor akan melarangnya," kata Imam. Ia telah bermain di lebih dari 100 film, dan termasuk pemenang penghargaan "The Yacoubian Building" dari novel Alaa al-Aswani, dan 10 drama.(fq/afp) SUmber:Klik DiSini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...