SMA Negeri 1 Kecamatan Marioriwawo Soppeng adalah salah satu dari 100-an sekolah model di Indonesia yang memiliki dan mengembangkan keunggulan lokal dan mendapatkan pos anggaran dari Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.


Dalam rangka mengembangkan pelajaran muatan lokal,SMA model pertama yang berada sekitar 30 KM dari pusat kota Soppeng ini berusaha menggandeng dan bekerjasama dengan pihak perguruan tinggi di Makassar yaitu Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM) , Politeknik Pertanian Pangkep, dan Ma’had ‘Aly al Wahdah (Stiba) Makassar.

Stiba digandeng dalam rangka pengembangan materi dan silabus pengajaran Al-Qur'an Tajwid. Memurut pihak sekolah pelajaran ini dirasakan sangat dibutuhkan mengingat kondisi kongkrit siswa yang berasal dari berbagai latar belakang yang kemampuan baca Al-Qur'annya sangat bervariasi- walau selama telah berjalan life skill baca tulis Al-Qur'an dan program tadarrus tiap jam pertama hari Jum’at; tetapi belum sesuai dengan keinginan sekolah agar bacaan para siswa dapat seragam (merata) sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan memenuhi bacaan indah (murattal).

Sebagai langkah awal kerjasama ini, telah dilaksanakan worshop sehari bimbingan teknis (bimtek) Sabtu, 14 Januari 2012 bertempat di ruangan media SMA Negeri 1 Marioriwawo; yang diikuti oleh para guru, yang dianggap memiliki kompetensi mengasuh pelajaran Al-Qur'an Tajwid.

Menurut Ustadz Komari, S.Pd (Ketua LP3Q DPP Wahdah Islamiyah) yang merupakan utusan dari Stiba bahwa dalam Bimtek ini menitikberatkan pada pengembangan silabus yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, kegiatan belajar, indikator pembelajaran, alat evaluasi dan sumber belajar.

Dalam pelatihan ini, Ustadz Komari didampingi oleh Ustadz Dasri, S.Pd (Pengurus DPD Wahdah Islamiyah Soppeng). Kerjasama ini tidak sampai disini saja, Insya Allah akan ditindaklanjuti dengan MoU (Memorandum of Understanding) yang akan mencakup penyiapan ketenagaan guru yang berkualitas, materi ajar sampai dengan jalur khusus bagi siswa-siswi untuk bisa masuk kuliah di Stiba (*)

Label: ,
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...