Laporan mengatakan lebih dari 11.000 kontainer untuk pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan telah hilang secara misterius selama dua tahun terakhir di Pakistan.

Kontainer berisi makanan dan peralatan militer senilai 220 miliar dolar telah secara ilegal dibongkar di Pakistan, seorang sumber mengatakan Jumat kemarin (2/7).

Namun, pejabat Pakistan menyebutkan jumlah kontainer yang hilang hanya 40 dan menyalahkan kebiasaan korup pejabat departemen.

Laporan-laporan mengatakan beberapa pejabat Pakistan telah ditangkap terkait kontainer yang hilang. Timbul kecemasan dan ketakutan bahwa kontainer yang hilang tersebut diserahkan atau jatuh ke tangan Taliban.

Pakistan, sekutu AS dalam perang yang mereka sebut "war on teror", tetap menjadi rute transit utama untuk pasukan NATO yang ditempatkan di negara tetangga Afghanistan.

Truk kontainer membawa perlengkapan bagi pasukan asing di Afghanistan yang sering megalami penyerangan di Pakistan.

Perkembangan ini juga datang setelah berbulan-bulan setelah adanya pengungkapan bahwa ribuan senjata AS hilang di Afghanistan.

Para pejabat militer AS gagal mendapatkan catatan yang tepat tentang sejumlah 87.000 senapan, pistol, mortir dan senjata lainnya yang dikirim ke Afghanistan antara bulan Desember 2004 dan Juni 2008.

Para pengamat mengatakan senjata-senjata itu mungkin telah jatuh di tangan militan yang terkait dengan Taliban atau Al-Qaidah.(fq/prtv)
sumber:eramuslim.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...