WASHINGTON, KOMPAS.com — Setelah menjalani masa persiapan dan uji coba selama 6 bulan, alamat internet menggunakan huruf Arab akhirnya resmi digunakan. Internet Corporation for Assignment Names and Numbers atau ICANN, organisasi nirlaba yang mengatur pengalamat web, mengesahkan tiga alamat domain berbahasa Arab, masing-masing untuk Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

"Timur Tengah memiliki
penetrasi internet rata-rata hanya 20 persen dan masih potensial untuk tumbuh. Para pengguna di kawasan itu kini lebih mudah mengakses internet karena bisa menggunakan bahasanya sendiri ke seluruh nama domain," demikian pernyataan ICANN dalam situsnya, Rabu (5/5/2010).

Huruf Arab merupakan huruf non-Latin pertama yang bisa dipakai untuk alamat web. Penggunaan huruf non-Latin untuk alamat web disahkan dalam rapat pengurus ICANN pada 30 Oktober 2009 di Seoul, Korea Selatan.

Sejak saat itu, ICANN mencatat 21 permintaan nama domain dengan huruf non-Latin yang terdiri dari 11 bahasa berbeda, dari huruf China, Jepang, Thailand, Israel, Rusia, dan sebagainya. Namun, baru 13 permintaan yang lolos verifikasi tahap selanjutnya sebelum sah seperti huruf Arab.
Adapted from: http://tekno.kompas.com/read/xml/2010/05/07/13351125/Alamat.Internet.Pakai.Huruf.Arab.Disahkan-12

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...