Seorang Miliarder Yahudi dari etnis Rusia, Sergei Brin yang disebut-sebut sebagai salah satu dari pendiri utama Google, search engine nomor wahid di dunia internet, telah menyumbangkan satu juta dolar AS ke lembaga sosial untuk imigran Yahudi "Hiace".




Lembaga sosial "Hiace" diketahui milik organisasi imigran Yahudi Amerika yang membantu para imigran Yahudi di dunia dan terkhusus pendudukan Zionis Israel dan juga imigran Yahudi di Amerika Serikat. Organisasi ini dikabarkan berpusat di New York. Brin menyerahkan bantuannya ini dalam rangka memperingati 30 tahun keluarnya ia dan keluarga dari Uni Soviet dan menetap di Amerika Serikat.

Ketua lembaga itu dalam sambutannya dengan bangga mengatakan, “Tanpa adanya lembaga penyantun imigran Yahudi, Brein tentu tak akan sehebat sekarang, dan kita tidak akan mendapati Google sehebat ini”. Ia kemudian menceritakan, bagaimana keluarga Brein mendapatkan bantuan dari Hiace, ketika usianya menginkak enam tahun dan meninggalkan Uni Soviet menghindari gerakan anti-semit di sana. Brein dan keluarganya kemudian menjadi imigran di Amerika dan tumbuh serta sukses di sini.

Organisasi Yahudi ini pun mengaku membantu nasib 4,5 juta imigran Yahudi di dunia. Orang-orang Yahudi memang dikenal memiliki rasa solidaritas yang tinggi, kebanyakan dari mereka yang sukses dalam bidang bisnis, tak sungkan-sungkan menyumbangkan jutaan dolar keuntungan pribadinya demi kemaslahatan kaumnya. (sn/ism)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...